Kamis, 15 Oktober 2009

Toyota Fortuner TRD Sportivo









Toyota Fortuner TRD Sportivo


Gagah, memikat, dan pas untuk para urban cruiser. Itulah ponten yang patut diberikan pada tampilan Toyota Fortuner TRD Sportivo. SUV andalan Toyota yang di tes ini layak mengiringi aktivitas harian karena dilengkapi transmisi otomatis 4-speed ECT. Pilihan baru untuk varian diesel, 2.494 cc 4 silinder D-4D.
Tebal
Ketika pedal gas ditekan dalam, terasa ada jeda. Pada putaran mesin 4.000 rpm, baru gigi persneling pindah. Putaran mesin antara 2.000 dan 3.000 rpm merupakan "daerah kekuasaan" mesin diesel. Pada putaran tersebut terasa sekali torsi yang dihamburkan sehingga bodi yang besar bukan lagi penghalang.

Dalam kesempatan first driver, kinerja suspensi bikinan TRD Sportivo dijajal. Pengendalian lebih baik dari model standar. Mobil pun lincah bermanuver sehingga meningkatkan rasa percaya diri.

Gejala limbung masih terasa, meski ketinggian sudah diturunkan. Namun, hal itu masih dalam batas wajar, mengingat postur mobil yang tinggi besar. Dengan sedikit koreksi dari setir, hal itu membuat mobil kembali tenang. Hanya, ketika melewati jalan bergelombang, bantingan suspensi terasa agak keras.

Sekalipun begitu, tampilan yang gagah membuat pengemudi begitu pede membesut Fortuner, apalagi sekujur tubuh sudah dijejali body kit terbaru dari TRD Sportivo. Contohnya bumper depan yang dihiasi lampu kabut (foglamp), dipadu dengan ornamen sirip sebagai pembelah angin.

Kesan maskulin ditonjolkan oleh sirip hitam yang menjorok ke depan dengan saluran udara kecil di bawah foglamp. Sebagai penegas, di sudut air dam disematkan logo TRD Sportivo.

Bumper belakang juga mendapat sentuhan berupa sirip yang selaras sama sirip depan. Pendesainan ulang terpancar dari foglamp dan diffuser hitam yang menjadi penguat aroma sporty. Ciri khas lain, roof spoiler dengan sirip kecil di ujungnya.