Toyota Prius
Pada akhir abad ke-21, Prius yang memadukan tenaga mesin dan motor listrik hadir di titik awal lahirnya kendaraan hybrid. Lebih dari sekadar membuat mobil yang benar-benar hemat bahan bakar, dengan desain terkini dan performa berkendara yang luar biasa, reputasi Prius diakui di seluruh dunia dalam menjadi standar mobil masa depan.
Prius merupakan sebuah mobil yang dapat digerakkan oleh bensin dan listrik. Komponen sistem Prius di antaranya:
1. Pengereman regeneratif, menggunakan motor-geerator, yang mengubah energi kinetik menjadi energi listrik yang kemudian disimpan dalam baterai
2. Mesin Toyota NZ menggunakan putaran Atkinson yang lebih efisien dibanding dengan Putara Otto. Mesin bensin biasanya berhenti pada saat mobil berhenti dan aksesoris (termasuk pendingin udara) digerakkan menggunakan baterai. Mesin digunakan untuk menggerakan kendaraan dan juga mengisi baterai. Karena motor listrik memberikan tenaga ekstra untuk akselerasi yang lebih cepat, mesin mobil diberi ukuran kecil untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar dan mengurangi emisi dengan akselerasi yang dapat diterima
3. Dua motor listrik / generator listrik: MG1 dan MG2. MG1, dapat berputar balik dan bergerak sampai 10.ppp ppm, menyalakan mesin dan menyediakan torsi balik untuk CVT. MG2 menyediakan 50 kW (67hp) antara 1.200 sampai 1.540 ppm dan torsi 400 N.m (295 ft.lbf) antara 0 sampai 1.200 ppm, meningkatkan performa dan ekonomi. Motor tersebut digunakan sebagai generator pada saat pengereman regeneratif dan pada saat mobil bergerak pada kecepatan rendah
4. Hybrid Synergy Drive (HSD) merupakan planetary gearset yang beroperasi seperti CVT untuk meningkatkan efisiensi. Komputer mengontrol HSD untuk menyesuaikan tenaga dari mesin bensin dan motor listrik sesuai dengan yang dibutuhkan oleh roda depan dan baterai isi-ulang.
5. 38 modul baterai isi ulang nickel metal hydride (NiMH) menyediakan 273,6 V, kapasitas 6,5 A.h. Baterai ini disediakan oleh Panasonic. Baterai ini biasanya diisi sampai 40-60% dari maksimum kapasitas untuk memperpanjan umur baterai dan juga menyediakan cadangan untuk pengereman regeneratif.